Zetiara Oktavia


Drop Cap, Columns, Header and Footer, Clip Art dan Watermark, Page border, smart art, Footnote dan Comment
1.      Drop Cap
Drop Cap merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan hruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca.                                                                                                   Cara Membuat Drop Cap
1.      Klik menu Insert
2.      Kemudian pilih Drop Cap
2.      Columns
Dengan Microsoft Word anda dapat mengetik dokumen berbentuk model kolom, atau dalam suatu dokumen tersendiri dari pengetikan dengan jumlah kolom yang berbeda. Untuk membuat dokumen berbentuk kolom ikutilah langkah-langkah berikut ini :
a.       Ketik terlebih dahulu dokumen
b.      Setelah selesai diketik, pilihlah (blok) dokumen yang akan dibuat dengan bentuk kolom.
c.       Pilihlah menu Format- columns atau Klik ikon Colomns.
d.      Tentukan pilihan kolom yang sesuai, seperti :
1.      Presets. Untuk menentukan jenis kolom yang diinginkan.
2.      Number of Columns, berapa jummlah kolom yang akan dibuat
3.      Line between, membuat garis ditengah-tengah kolom
e.       Klik oke

3.      Header
Cara membuat Header :
1.      Klik Insert
2.      Kemudian klik header
3.      Lalu pilih yang mana yang mau digunakan seperti Blank, Alphabet, Annual dan lain-lain.


4.      Header and Footer
Header adalah suatu teks yang tercetak dibagian atas setiap halaman (termasuk nomor halaman). Sedangkan footer tercetak disetiap halaman pada bagian bawah halaman. Cara membuat Footer :
1.      Klik Insert
2.      Pilih menu view-header and foother
3.      Ketik header dan footer yang anda inginkan. Kalau perlu anda juga dapat mengatur nomor halaman, menyisipkan tulisan, tanggal dan jam serta mengatur tatanan header dan foother
4.       Klik Close jika sudah selesai.

5.      Clip Art
1.      Letakkan kursor pada naskah/workspace/kertas
2.      Klik menu Insert, pada toolbar klik Clip Art. Kalau langkah anda benar akan muncul di sebelah kanan kotak dialog Clip Art seperti ilustrasi dibawah ini :
3.      Pada kotak dialog Clip Art, klik Go untuk menampilkan gambar / clip art yang tersedia pada Ms. Word. Setelah Clip Art muncul,   tinggal klik kiri    2x untuk memasukkan clip art ke dalam naskah.

6.      Watermark
Watermark adalah tool yang disediakan oleh microsoft office word untuk membuat tulisan transparan yang berada dibelakang tulisan utama pada lembar kerja ms word. Dengan tool ini kita bisa menyisipkan kata atau kalimat pada lembar kerja ms word. Ada beberapa cara untuk membuat watermark:
1.      Buka lembar kerja microsoft word anda yang akan diberi watermark
2.       Klik menu page layout pada menu bar microsoft office
3.      Lalu, pada group page background, pilih watermark untuk membuat tulisan transparan.
4.      Ketika kita klik watermark, maka akan muncul template dari watermark misalkan tulisan DO NOT COPY dengan tulisan miring atau horizontal.
5.      Pilih salah satu watermark sesuai dengan keinginan anda.
6.      Lalu selanjutnya, jika anda ingin merubah tulisan yang sudah ada, tingal klik watermark lagi kemudian pilih custom watermark.
7.      Edit atau ganti tulisan text pada menu text watermark
8.      Anda juga bisa mengganti ukuran dan bentuk tulisan dari font yang digunakan.
9.      Setelah semuanya selesai, klik OK untuk selesai.

7.      Page border
Cara membuat Page border:
1.      Pilih menu Page Layout
2.      Pilih Page Borders
3.      Kemudian style lalu pilih yang mana yang disukai
4.      Kemudian klik width untuk memilih ukuran
5.      Lalu di setting pilih costum
6.      Kemudian apply to pilih yang ketiga yaitu first page only
7.      Kemudian terakhir oke

8.      Smart art
Grafik SmartArt adalah representasi visual informasi dan gagasan Anda. Anda membuatnya dengan memilih tata letak yang cocok dengan pesan Anda. Beberapa tata letak (seperti bagan organisasi dan diagram Venn) menggambarkan spesifik jenis informasi, saat orang lain hanya meningkatkan tampilan daftar berpoin. Digabungkan dengan fitur lain seperti tema, Grafik SmartArt membantu Anda membuat ilustrasi berkualitas desainer hanya dengan beberapa klik mouse Anda.
Cara membuat SmartArt:
1.      Ambil menu insert pilih SmartArt
2.      Pilih grafik yang diinginkan
3.      Kemudian tekan Oke

9.      Footnote
Footnote adalah catatan kaki dalam dokumen, biasanya dipakai untuk merangkai suatu kata atau kalimat atau pokok bahasan dalam dokumen, untuk memperjelas maksud dokumen atau menerangkan sumbernya.
     Langkah – langkah untuk membuat footnote adalah sebagai berikut :
a.       Bawalah kursor ketempat tanda footnote akan diletakan.
b.      Tekan Menu References pilih insert footnote
c.        Tentukan pilihan footnote yang anda inginkan :
1.      Footnote, dokumen footnote akan disimpan setiap akhir halaman
2.      Endnote, dokumen footnote akan disimpan setiap dokumen
3.      AutoNumber, jenis footnote dapat berupa angka
4.      Custom mark, jenis footnote berupa syimbol atau karakter khusus
d.  Klik OK

10.  Comment
Langkah untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada microsoft word adalah sebagai berikut :
1.      Pilih atau blok kata/kalimat yang akan diberi komentar (catatan)
2.       Setelah itu klik menu “Review”
3.        Pilih “New Comment”
4.      Lalu ketikkan catatan atau komentar yang ingin diberikan Setelah selesai silahkan simpan file tersebut


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Zetiara Oktavia

Zetiara Oktavia

Zetiara Oktavia