Zetiara Oktavia


Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenai menu dan fungsi menu Ms Excel
Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.
Ada beberapa menu-menu pada Microsoft Excel yaitu :
1.      Menu File
     Menu File berfungsi untuk pengaturan file atau dokument. Pada menu ini terdapat beberapa sub menu yang biasanya ada diataranya adalah sebagai berikut.
1.       New : Menu ini berfungsi untuk membuat sebuah file baru.
2.       Open : Menu open berfungsi untuk membuka file yang tersimpan pada komputer.
3.       Close : Menu ini berfungsi untuk menutup tampilan file yang sedang terbuka.
4.       Save : Menu save digunakan untuk menyimpan file yang sebelumnya sudah kita simpan dengan nama yang sama pada direktori yang sama.
5.       Save As : Menu save as digunakan untuk menyimpan file dengan nama baru dan diletakan pada direktori sesuai dengan kebutuhan pengguna.
6.       Print Preview : Menu ini digunakan untuk menampilkan file sebelum dicetak.
7.       Print : Menu ini digunakan untuk mencetak file kedalam media kertas.
8.       Exit : Menu yang digunakan untuk menutup aplikasi
2.      Menu Edit
    Fungsi menu yang satu ini digunakan untuk melakukan editing pada file atau dokument. Pada menu ini ada beberapa sub menu diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Undo : Menu ini digunakan untuk mengembalikan dokumen pada saat sebelum ada perubahan.
2.      Redo : Menu ini digunakan untuk mengembalikan dokumen setelah dilakukan pengeditan sebelumnya.
3.      Cut : Menu cut digunakan untuk memotong objek pada lembar kerja.
4.      Copy : Menu ini digunakan untuk mencopy objek yang ada pada lembar kerja.
5.      Paste : Menu ini digunakan untuk menempelkan objek yang sebelumnya dipotong atau dicopy pada sebuah lembar kerja.
6.      Find : Menu ini digunakan untuk melakukan pencarian suatu kata tertentu pada lembar kerja.
7.      Replace : Menu replace digunakan untuk mengganti kata dengan kata baru pada sebuah lembar kerja.
8.      Select All : Menu ini digunakan untuk memilih semua objek pada lembar kerja.

3.      Menu Format
    Menu Format digunakan untuk melakukan penformatan objek - objek pada lembar kerja, pada menu ini ada beberapa sub menu diantaranya adalah sebagai berikut.
1.      Font : Digunakan untuk mengatur model huruf pada text yang ada di lembar kerja.
2.      Paragraph : Menu ini digunakan untuk mengatur jarak baris pada lambar kerja.
3.      Bullet and Numbering : Digunakan untuk memberikan penomeran dan simbol pada objek.
4.      Border and shading : Digunakan untuk memberikan bingkai dan shading pada lembar kerja.
5.      Tabs : Menu ini digunakan untuk mengatur jarak tabulasi pada lembar kerja



Komentar